Senin, 27 Oktober 2014

SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL

Hari Blogger Nasional dan Menkominfo Baru

1414390423108736721
Rudiantara, Menkominfo Kabinet Kerja Jokowi-JK/Kompas.com
Tepat hari ini insan blogger se-nusantara memperingati Hari Blogger Nasional yang ketujuh. Hari Blogger Nasional pertama kali dicanangkan pada tahun 2007. Kala itu pencanangan dilakukan oleh Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo) era SBY yaitu Mohammad Nuh.
Hari Blogger Nasional merupakan apresiasi antusiasme terhadap aktivitas blogger dan perannya dalam dinamika berbanga. Mohammad Nuh saat itu membuka Pesta Blogger sebagai ajang kopi darat (kopdar) blogger nasional untuk pertama kalinya di Blitz Megaplex, Grand Indonesia, Sabtu 27 Oktober 2007.
Mohammad Nuh secara spontan menyatakan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional. Pernyataan ini langsung disambut riuh tepuk tangan peserta Pesta Blogger yang mencapai sekitar 500 orang. Sejak saat itu rutin setiap tahun diperingati Hari Blogger Nasional pada tanggal 27 Oktober.
Sejak tahun 2011 Pesta Blogger berubah nama menjadi On|Off. Konsep On|Off bertambah tidak sekadar kopi darat melainkan saling tukar pengalaman dan diskusi mengembangkan blog agar lebih produktif dan variatif. Sayangnya kegiatan ini tidak terdengar lagi pada tahun 2012 dan seterusnya. Belum jelas alasan apa yang menyebabkannya.
Hari Blogger Nasional kali ini sangat istimewa karena bertepatan dengan pelantikan kabinet baru presiden Jokowi yang diberi nama Kabinet Kerja. Pengumuman kabinet kemarin menunjukkan terjadi perubahan postur dan nomenklatur pada beberapa posisi. Kementerian yang tetap seperti sebelumnya adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kementerian inilah yang langsung bersinggungan dan memiliki kewenangan terkait dinamika dunia maya termasuk aktivitas Blogger.
Menkominfo yang baru diduduki oleh Rudiantara. Rudiantara merupakan sosok profesional yang lama malang melintang di industri telekomunikasi. Beberapa posisi stretagis pernah dijalankan antara lain di Indosat, Telkom, Telkomsel dan XL, PT Semen Gresik, dan Wakil Direktur PLN.
Insan blogger tentu menunggu gebrakan Rudiantara untuk memajukan dinamika blogger agar lebih berdaya saing global. Menkominfo juga ditunggu komitmennya dalam mengapresiasi blogger serta menjamin kebebasan berekspresi dan berpendapat. Dukungan kebijakan, regulasi, hingga finansial juga dibutuhkan demi pengelolaan potensi blogger nasional yang luar biasa besarnya. Semoga di tangan Dirgantara, blogger nasional kembali menunjukkan kiprah nasionalnya dan produktif dalam skala internasional. Sebagai bagian dari blogger, apa harapan rekan kompasianer terhadap Menkominfo yang baru??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar